Benarkah Seekor Kucing Dapat Melihat Makhluk Halus? Ketika kucing peliharaan begitu fokus mengamati sesuatu di suatu ruang rumah, tetapi kam...

Benarkah Seekor Kucing Dapat Melihat Makhluk Halus?

Benarkah Seekor Kucing Dapat Melihat Makhluk Halus?




Ketika kucing peliharaan begitu fokus mengamati sesuatu di suatu ruang rumah, tetapi kamu tidak melihat ada apa-apa di sana, mungkin hal ini akan mulai membuatmu merinding. Banyak orang mengklaim bahwa indera kucing yang tinggi memungkinkan mereka untuk bisa melihat makhluk dari dunia lain, seperti hantu atau roh.

Terlebih ketika kucing peliharaanmu sering mengeong pada tengah malam di suatu tempat, mungkin kamu akan berpikir bahwa pasti itu hantu yang mengajak kucingmu berinteraksi. Tetapi, sebelum sampai pada kesimpulan bahwa kucing mampu berkomunikasi dengan hantu, mari ketahui cara kerja indra kucing untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi.

.

Bagaimana kucing melihat? 

Ketika seekor kucing mulai melihat ke sana ke mari, seseorang cenderung berpikir bahwa mereka secara aktif mencari sesuatu. Dalam beberapa kasus, itu benar. Mungkin mereka melihat pantulan yang hanya ada sesaat atau lalat yang lewat.

Tetapi perlu dicatat bahwa, meskipun kucing memiliki penglihatan malam yang sangat baik, penglihatan siang hari mereka jauh lebih buruk daripada manusia.

Faktanya, kucing hanya melihat dua warna, yakni bayangan biru dan kuning, sedangkan manusia melihat tiga warna. Dan, apapun yang ada di depan mereka mulai dari 5 cm hingga 8 meter, itu akan tampak buram. Tapi, alih-alih warna ketiga, kucing memiliki penglihatan malam.

Kucing adalah predator yang sangat baik. Penglihatan mereka sangat tajam di tengah bidang penglihatan mereka, yang memungkinkan mereka untuk fokus pada target mereka, tetapi buram di tepinya. Jadi saat berburu, mereka tidak pernah hanya mengandalkan penglihatan mereka, tetapi juga menggunakan dua indera lain yang jauh lebih tajam daripada indra manusia, yakni pendengaran dan penciuman.

.

Bagaimana kucing mendengar? 

Persepsi kita tentang lingkungan sangat berbeda dengan kucing. Tahukah kamu bahwa kucing dapat mendengar frekuensi 4 sampai 5 kali lebih tinggi dari yang manusia bisa?

Faktanya, kucing memiliki akses ke berbagai ultrasound yang tidak terdengar oleh manusia karena frekuensinya yang tinggi. Jadi, saat kucingmu mulai mencari dengan panik ke segala arah untuk mencari sesuatu yang tampaknya tidak ada di sana, ia mungkin tidak sedang mencari sesuatu, tetapi mencoba mengidentifikasi dari mana asalnya suara.

Bisa jadi kelelawar yang terbang di luar dan memancarkan ultrasound untuk membimbingnya dalam penerbangannya. Jika kucingmu sering melakukan ini di awal musim panas, sekarang kamu akan tahu alasannya.

Kucing dapat mendengar seekor tikus berjalan di rerumputan yang jaraknya lebih dari 10 meter. Dan kita tidak berbicara tentang tikus yang memakai sepatu tap dan berlarian di atas lantai kayu keras.

Bayangkan sejenak suara yang dihasilkan tikus di rumput 10 meter dari tempatmu berdiri dan kamu akan mendapatkan gambaran tentang kemampuan kucingmu menangkap frekuensi yang jauh di luar kemampuan pendengaran kita.

Ini menjelaskan mengapa kucing terkadang menatap dinding ruang tamu. Mungkin mereka mendengar tupai berjalan di atap, kucing lain di bawah jendela, atau tetangga memainkan alat musik di ruang bawah tanah.

Dengan pendengaran yang begitu sensitif, bayangkan saja apa lagi yang mereka dengar?

.

Tidak sepenuhnya yakin? Ketahui hal ini

Selain kucing yang memiliki kemampuan pendengaran yang sangat baik, telinganya juga dirancang khusus untuk mendeteksi dari mana datangnya suara.

Manusia dapat secara akurat mengidentifikasi sumber suara dalam 20 derajat, sedangkan kucing dapat mengidentifikasinya dalam 5 derajat, dan menentukan ketinggian yang tepat dari mana asalnya, sesuatu yang tidak dapat kita lakukan.

Jadi, dengan menggerakkan kepala dan telinganya (seperti yang mereka lakukan saat melihat hantu), kucing dapat menentukan dari mana datangnya suara. Hal ini dimungkinkan oleh ukuran dan mobilitas telinga mereka, yang bertindak seperti satelit raksasa. Kucing akan menjadi agen rahasia yang hebat jika saja mereka bisa berbicara.

Terkait kucing yang dapat melihat hantu, Jackson Galaxy, seorang ahli perilaku dan kesehatan kucing, memberikan pendapatnya akan hal ini. Dari sudut pandang evolusi murni, dia menjelaskan, kucing telah berevolusi untuk merasakan hal-hal yang kita sebagai manusia tidak bisa.

Mata mereka dapat melihat dengan sempurna dengan sedikit cahaya, mereka dapat mendengar 6 hingga 8 kali lebih baik dari yang kita bisa, dan kumis mereka dirancang untuk mendeteksi segala sesuatu mulai dari perubahan suhu hingga perubahan arus udara.

.

Apakah ini berarti kucing bisa melihat hantu?

Galaxy mengakui bahwa para skeptis mungkin berpendapat bahwa, jika kucing menatap dinding kosong, itu hanya karena mereka kebetulan mendengar seekor tikus di dalamnya, atau sesuatu yang lain terjadi yang tidak kamu rasakan tetapi kucing kamu rasakan.

Akan tetapi, Galaxy yakin bisa lebih dari itu. Kucingnya sendiri, katanya, selalu mendapatkan energi di rumahnya. Menurutnya, tidak mungkin manusia satu-satunya makhluk hidup di alam semesta.

.

Bagaimana menurutmu? Apa kamu percaya bahwa kucing dapat melihat makhluk halus? 

0 comments: